Senin, 19 Desember 2011

AKA SKY RIDER Vintage Vinyl LP




Banyak grup-grup rock yang ganas bahkan nyaris brutal jika menggelar konser di panggung,akan keok jika memasuki bilik rekaman.Dengan sangat terpaksa mereka justeru harus membabat atau mengebiri sendiri idealisme konsep musiknya.Alasannya ? Cukong rekaman tidak yakin rock akan menembus gendang telinga mayoritas masyarakat.
Walhasil,jangan mengharap yang bukan bukan jika menyimak album-album yang dirilis oleh beberapa grup rock seperti AKA misalnya yang terdiri atas Utjok Harahap (vokal,keyboards),Arthur kaunang (bass,vokal),Sunatha Tandjung (gitar,vokal) dan Zainal “Syech” Abidin (drums,vokal),pada era 70-an itu.
Setidaknya hal itu tersimak jika mendengar album bertajuk “Sky Rider” dengan cover yang sesungguhnya telah memiliki spirit rock yang kuat.
Tapi apa daya,di album ini hanya ada 2 lagu saja yang memiliki karakter rock yang kuat.Kedua lagu itu adalah “Sky Rider” karya Arthur Kaunang sekaligus juga dinyanyikan oleh pencabik bas AKA tersebut.Lagu ini jelas begitu terpengaruh dengan “Highway Star” nya Deep Purple.Lagu rock lainnya adalah “Groovy” yang memperlihatkan permainan gitar Sunatha Tandjung yang mumpuni.
Utjok Harahap tampaknya mendominasi urusan penulisan lagu di album ini.Walaupun semuanya jelas jelas bertendensi pop.Misalnya “Badai Bulan Desember” yang terasa pengaruh “How Can You Mend A Broken Heart” nya Bee Gees.
Sebuah instrumental dengan penonjolan permainan gitar yang clean dari Sunatha Tandjung tersimak pada lagu karya Utjok Harahap “Mariske”.Disini Utjok tidak menyanyi melainkan melakukan “spoken words“,seperti yang dilakukan Serge Gainsbourgh dan Jane Birkin dalam lagu “Jetaime Non Moi  Plus” ( Rumah Musik Denny Sakrie )

Piringan hitam group band AKA, produksi musica studios Jakarta, 33 1/3 RPM, Kondisi baik. Cocok untuk menambah koleksi piringan hitam rock Indonesia anda.

SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar